Download Kumpulan Soal Ujian Nasional SMP/MTs

Bismillah...

Kumpulan Soal-Soal Ujian Nasional


Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun 2017 hanya tinggal menghitung hari. Berdasarkan perkiraan pelaksanaan ujian nasional akan dilaksanakan sekitar akhir bulan April atau awal bulan Mei 2017. Sudah sekitar 4 tahun kebelakang pelaksanaan Ujian Nasional di Indonesia ada dua versi, yang pertama dikenal dengan istilah UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil) dan yang kedua dikenal dengan istilah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang setiap tahun pesertanya semakin meningkat karena tuntutan pemerintah. Baik Ujian Nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) ataupun Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK), hal yang terpenting diantara keduanya adalah mampu tidaknya siswa dalam menjawab setiap soal-soal yang diujikan dalam pelaksanaanya nanti. Karena baik Ujian Nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) maupun Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK), pada prinsipnya soal-soal yang diujikannya tidak akan jauh berbeda. 

Setiap tahun pelaksanaan Ujian Nasional selalu diupayakan kearah peningkatan yang lebih baik oleh pemerintah, baik dalam segi pelaksanaannya maupun dari segi kualitas soal-soal yang diujikan. Tentu saja soal-soal yang akan diujikan akan disesuaikan dengan kurikulum yang masih digunakan oleh kelas sembilan yaitu kurikulum 2006 atau kurikulum KTSP. Meskipun dengan berbagai kontropersi yang selalu muncul menjelang pelaksanaan Ujian Nasional, yaitu terkait perlu tidaknya pelaksanaan ujian nasional dilakukan oleh pemerintah yang dalam hal ini dilaksanakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan, namun hal ini tentu saja bisa menjadi tolak ukur keberhasilan guru dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu Ujian Nasional juga bertujuan untuk dapat mengukur kemampuan siswa secara objektif,  sehingga dapat terlihat kompetensi dan daya saing pelajar Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain.  

Hampir setiap sekolah menjelang pelaksanaan Ujian Nasional, disibukkan dengan pembekalan materi atau pemberian materi tambahan kepada siswa, entah dalam bentuk bimbingan belajar di kelas, maupun menyebar modul-modul latihan untuk dapat dipelajari oleh para siswa-siswinya. Hal ini dilakukan biasanya sebagai penguatan materi-materi yang telah disampaikan di kelas, sehingga siswa terbiasa dengan soal-soal yang biasa diuji nasionalkan. 

Soal-soal ujian nasional dalam kurikulum yang sama, dari tahun-ketahuan sebetulnya tidak jauh berbeda atau hampir-hampir mirip type soalnya. Ini artinya jika siswa dibiasakan untuk mempelajari soal-soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya, maka akan memberikan kemudahan dalam memahami soal-soal yang biasa muncul dalam setiap ujian nasional. Sehingga ketika bertemu dengan type soal yang sama siswa tidak lagi kesulitan. 


Untuk membantu dalam proses pembiasaan para siswa-siswi dalam mempelajari soal-soal ujian nasional, berikut ini bisa di unduh kumpulan soal-soal ujian nasional SMP/MTs (naskah asli) tiga tahun kebelakang. 








Demikian postingan tentang Kumpulan soal-soal Ujian Nasional SMP/MTs kali ini, semoga dapat membantu dalam proses belajar menjelang Ujian Nasional. Terimakasih sudah mampir, dan Insya Allah kita bertemu lagi masih dalam blog yang sama dan dengan postingan yang berbeda tentunya.

Download Kumpulan Soal Ujian Nasional SMP/MTs Download Kumpulan Soal Ujian Nasional SMP/MTs Reviewed by My Profile on 7:44 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.